motif batik bondowoso

| Kamis, 28 November 2013
 Bondowoso merupakan daerah yang termasuk wilayah Jawa Timur, Daerah ini memiliki seni batik yang tidak kalah uniknya dengan batik yang ada di daerah lainnya.
Batik bondowoso memiliki motif batik yang khas dengan corak atau motif yang berbeda dengan batik biasanya, yang mana terinsfirasi dari bentuk tanaman daun singkong dan daun tembakau yang membuat batik ini terlihat sangat istimewa.
Motif batik daun singkong dan daun tembakau tersebut merupakan motif batik yang cukup populer dari batik Bondowoso, sehingga banyak masyarakat yang menyebut batik ini dengan nama batik singkong Maesan atau batik Sumbersari. hal ini dikarenakan Maesan adalah nama sebuah kecamatan di Bondowoso dan Sumbersari merupakan nama sebuah desa di kecamatan Maesan sedangkan nama singkong adalah nama dari motif batik bondowoso yang banyak digemari.
Batik Bondowoso memiliki motif yang cukup beragam, tidak hanya motif-motif kuno saja tetapi ada juga batik kontemporer atau batik modern, selain bahan yang digunakan oleh para pengrajin juga cukup beragam dari mulai batik berbahan katun sampai batik berbahan sutera juga banyak di produksi oleh para pengrajin batik bondowoso.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲